Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

SITUS TROWULAN, PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT

SITUS TROWULAN

PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT

 

Ditempuh hanya 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan Mobil dari Surabaya ibukota Jawa Timur. Sebuah lokasi peninggalan bersejarah yakni bekas peninggalan kerajaan Majapahit. Kerajaan yang di dirikan oleh Raden Wijaya ini ditemukan reruntuhannya di kecamatan Trowulan, kabupaten Mojokerto Provinsi Jawa Timur.

Candi Bajang Ratu (tampak depan)

Candi Bajang Ratu (tampak samping)

Menurut Ying-Yai Sheng-Lan yang ditulis seorang Petualang Tiongkok yang bernama Mahuan, menggambarkan tentang kota Majapahit atau Man-Che-Po-i. Majapahit digambarkan sebagai tempat tinggal raja yang dikelilingi tembok bata. Istana seperti rumah bertingkat dan atapnya terbuat dari kayu tipis disusun seperti ubin keramik. Lantainya terbuat dari papan yang ditutupi anyaman tikar pandan dan rotan.

Berdasarkan berbagai sumber tertulis didapatkan pula gambaran mengenai tata ruang perkotaan Majapahit. Kota Majapahit berorientasi ke Utara. Semua bagian penting berada di sebelah selatan. Pola kota terbagi menjadi 9 zona yang dibatasi oleh jalan-jalan yang berpotongan. Tempat tinggal raja terletak di tengah, sedangkan bagunan suci berada di sebelah barat daya kota.

Banyak ditemukan situs-situs penting disekitar situs Trowulan. Sampai saat ini telah ditemukan 14 situs bersejarah kerajaan Majapahit. Majapahit yang menguasai beberapa kota pelabuhan seperti Tuban, Gresik dan Surabaya, sehingga Majapahit telah dikunjungi banyak pedagang dari luar Majapahit. Bukti-bukti banyaknya kunjungan pedagang-pedagang asing telah ditemukan berbagai macam benda-benda arkeologis seperti keramik porselin Cina yang berasal dari Dinasti Song, keramik Vietnam dan Thailand. Koin-koin sebagai alat tukar masa Majapahit juga banyak ditemukan uang Gobog dan uang Ma dari perak atau emas. Terdapat juga kepeng Cina yang berasal dari Dinasti Tang, Song, Ming dan Qing yang berlaku di Majapahit.

Fadly Rahman

Jakarta, 02 Februari 2010

Sumber : Drs, I.Made Kusumajaya M.Si, Drs. Aris Soviyani, M.Hum, Wicaksono Dwi Nugroho, M.Hum, Mengenal Kepurbakalaan Majapahit di Daerah Trowulan

Februari 3, 2010 - Posted by | Sejarah dan Arkeologis

4 Komentar »

  1. majapahit..it’s amazing!

    Komentar oleh pipiet | Mei 10, 2010 | Balas

  2. kerajaan majapahit adalah kerajaan yang punya banyak peninggalan.kalo bisa bentuk bangunan kerajaan yang digambarkan oleh mahuan..ada yang mengilustrasikannya lewat gambar,agar bisa lebih jelas..menganalisanya daripada membayangkannya.

    Komentar oleh suki | Maret 29, 2011 | Balas

  3. mojopahit its my live,..
    kebangkitan laskar majapahit
    mojopahit adikuwoso ing bumi nusantoro jowo

    Komentar oleh doy racer alexaendria | Juni 22, 2011 | Balas

  4. Majapahit semoga tidak hanya dikenang oleh bangsa Indonesia yang besar ini melainkan melestarika nilai-nilai yang pernah ada dalam masa kejayaannya

    Komentar oleh kadek ratnasih | November 28, 2011 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: