Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

DIKLAT KOMPETENSI PENGURUS DAN PENGAWAS KOPERASI

Dinas Koperasi dan UKM Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta mengundang Koperasi Karyawan Kelompok GOBEL mengikutsertakan dua pengurusnya dalam pendidikan dan pelatihan (diklat). Pengurus dari Kopkar GOBEL yang ikut serta dalam Diklat ini adalah pak Azhar Habib dan saya (Fadly Rahman). Tujuan diklat ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengurus dan pengawas koperasi.

Acara yang dilaksanakan dari hari Rabu, 14 September sampai dengan Sabtu, 17 September 2016 di Hotel Oak Tree Primiere Bandung. Kegiatan yang pelaksanaannya bersamaan dengan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa barat ini membuat warga Jawa Barat dan terutama warga Bandung terlihat lebih semangat, termasuk hotel Oak yang juga menjadi salah satu hotel yang diinapkan oleh atlet-atlet PON.

Peserta Diklat Kompetensi Pengurus dan Pengawas Koperasi

Peserta Diklat Kompetensi Pengurus dan Pengawas Koperasi

Pembukaan yang harusnya dilakukan jam 11:00 wib menjadi molor 2 jam karena para peserta  yang sebagian besar naik bis yang disediakan panitia, tiba di hotel dari jakarta jam 11:00 wib. Saat pembukaan juga diperkenalkan para pendamping peserta yang kelak akan melakukan pendampingan pasca pelatihan di Jakarta untuk tahun depannya para peserta diklat menghadapi ujian sertifikasi.

Adapun pemberi materi adalah orang-orang yang berpengalaman di bidang koperasi seperti DR. Eyo A. Sasmita, DR. Hendro Praponco MM dan Drs. Wahyu Anindya. Mereka memberikan ragam materi yang harus diketahui oleh peserta diklat yang terdiri dari Melakukan prinsip-prinsip pengelolaan Manajemen Koperasi, prosedur melaksanakan pengendalian Internal, Menyusun perancaan stretegis, Menilai tingkat kesehatan koperasi, melakukan kemitraan, menganalisis program kerja dan RAPB koperasi, melakukan kotrak pinjaman/pembiayaan dan peningkatan agunan, mengamankan aset dan infrasruktur cara melakukan negosiasi, memberikan motivasi dan cara menyajikan materi.

Semua materi yang diberikan diharapkan dapat diterapkan langsung di koperasi masing-masing sehingga koperasinya semakin maju. (FR)

Fadly Rahman

Jakarta, 20 Oktober 2016

Oktober 20, 2016 - Posted by | Surat Pembaca dan Artikel

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: