Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

ENJOY JAKARTA II

KELILING TAMAN MINI INDONESIA INDAH

Wisata Jakarta tidak lengkap rasanya kalau tidak mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang merupakan komplek museum terbesar di Asia Tenggara. Museum yang digagas ibu Negara Indonesia, ibu Tien Soeharto yang diresmikan pada tahun 1975.

Dari terminal Blok M bisa naik Kopaja T57 menuju terminal kampung rambutan setelah itu naik Angkot K40 turun di depan pintu 1 atau 3 TMII. Kalau nggak mau repot, bisa naik taksi langsung ke TMII tanpa singgah kemana-mana lagi. Sebelum keliling TMII, Jangan lupa singgah di Masjid At-tin, luangkan waktu untuk shalat sunah atau fardhu di Masjid ini. Rasakan kesejukan Masjid ini dan puaskan pandangan anda dengan keindahannya.

Mesium penerangan yang menampilkan peninggalan pers Indonesia

Museum penerangan yang menampilkan peninggalan pers Indonesia

Setelah membeli tiket masuk ke komplek TMII, kita  bisa menyewa sepeda atau naik angkutan khusus yang disediakan untuk keliling komplek. Kita bisa mengunjungi rumah adat dari seluruh provinsi di Indonesia. Pada awalnya TMII terdapat bangunan rumah adat dari 26 provinsi, setelah masuknya Timor timur jadi provinsi yang ke 27, rumah adat timor timur ditambah didalamnya. Pada masa reformasi dan pemekaran beberapa provinsi menjadi provinsi baru bertambah pula rumah adat yang dibangun.

TMII tidak hanya menampilkan rumah adat saja, didalam rumah adat juga terdapat barang-barang peninggalan, peralatan, pakaian khas dari daerah asal masing-masing. Setiap minggunya, diadakan acara khas daerah dimasing-masing rumah adat untuk menghibur para pengunjung.

Selain rumah adat, TMII juga terdapat museum-museum lainnya. Ada Mesium penerangan yang menampilkan peninggalan pers Indonesia dari zaman sebelum kemerdekaan sampai saat ini. Kita  pun mengetahui sejarah perkembangan pers dari media cetak, radio Televisi bahkan film.

Mesium Keprajuritan Indonesia

Museum Keprajuritan Indonesia

Selain Museum Penerangan ada Museum Keprajuritan Indonesia. Museum yang dihalaman depannya terdapat 2 replika kapal kayu khas Indonesia termasuk kapal phinisi. Gedung museum yang megah bagaikan benteng zaman dulu yang kokoh berdiri. Museum yang didalamnya terdapat patung-patung tokoh-tokoh pejuang Indonesia yang berjuang melawan penjajah yang berdiri tegak mengelilingi taman tengan museum.

Ada 16 Museum yang terdapat dilingkungan komplek TMII. Selain 2 mesium diatas ada 14 museum lainnya yang terdiri dari Museum Purnabhakti pertiwi, Museum Indonesia, Museum Istiqlal,  Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi baru, Museum Olahraga, Museum Komodo dan taman Reptil Museum Serangga dan Taman Kupu-kupu, Museum Pusat Peragaan Iptek, Museum Minyak dan Gas Bumi, serta Museum Timor Timur.

Jakarta, 23 Januari 2014

Fadly Rahman

Maret 23, 2014 - Posted by | Surat Pembaca dan Artikel

1 Komentar »

  1. Wooow …asyiiiik ke TMII bisa keliling Indonesia….semua ada disana. Yuuk ke TMII lagi dan lagiiii.

    Komentar oleh wanti | Maret 23, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: