Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

WISATA CANDI

KOMPLEKS SITUS BATUJAYA

Petunjuk Arah Menuju Candi dan Mesium Batujaya

Petunjuk Arah Menuju Candi dan Museum Batujaya

Mungkin orang Jakarta sebagian besar belum mengetahuinya, kalau tidak jauh dari Jakarta ada kompleks situs bersejarah yang ditemukan banyak candi-candi. Persisnya di Kerawang kecamatan Pakis Jaya. Candi-candi tersebut merupakan peninggalan kerajaan Tarumanegara dan merupakan kompleks candi tertua di Indonesia.

Akses jalan menuju ke sana yang tidak begitu sulit. Dari Jakarta lewat tol, keluar pintu tol Kerawang Barat. Sejak keluar pintu tol Kerawang Barat sudah ada petunjuk arah menuju Situ Batujaya. Petunjuk arah yang sangat membantu para wisatawan yang ingin berkunjung ke komplek percandian tersebut.

Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam atau jarak 50 Km dari Jakarta melewati Rengasdengklok tempat bersejarah lainnya. Perjalanan yang cukup melelahkan, terobati saat kami tiba di halaman Museum Penyelamatan Situs Batu Jaya.

Dari Halaman Museum terlihat dari kejauhan bangunan Candi yang menonjol diantara persawahan, yang semakin memperindah candi bagaikan dibangun diatas permadani. Sebelum ke Candi, ada baiknya mampir ke Museum untuk mencari informasi mengenai candi-candi yang akan dikunjungi dan dijadikan sasaran kamera.

Candi Blandongan

Candi Blandongan

Setelah cukup informasi yang didapat dari petugas museum, saatnya menuju Candi. Pertama kali yang dikunjungi adalah Candi Jiwa yang sudah selesai dipugar. Ada beberapa gundukan yang kami lihat dipertengahan sawah, yang menurut informasi bahwa gundukan-gundukan tersebut, dibawahnya terdapat candi dan tinggal menunggu waktu digali. Dari 39 gundukan yang ditemukan baru digali baru 4 gundukan. Selain candi Jiwa, ada candi Blandongan, situs Tlj VIII dan situs serut la.

Berbahagialah warga Jakarta dan sekitarnya. Apabila mereka ingin berwisata kuliner dan fashion, bisa pergi ke Bandung, apabila ingin berwisata alam bisa ke puncak Ciawi dan apabila mereka ingin wisata sejarah candi tinggal berangkat ke Kerawang menuju situs Batujaya.

Jakarta, 05 November 2013

Fadly Rahman

November 6, 2013 - Posted by | Sejarah dan Arkeologis

2 Komentar »

  1. Wah bagus nih….makasih ya infonya.

    Komentar oleh wanti | November 6, 2013 | Balas

  2. Pemandangan disekitar canti bgs lho, kunjungan melihat tempat2 sejarah sekalian rekreasi asyik kan

    Komentar oleh afifah dewi | November 7, 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: