Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

MENCEGAH KRISIS EKONOMI DI ZAMAN NABI YUSUF

MENCEGAH KRISIS EKONOMI DI ZAMAN NABI YUSUF

Nabi Yusuf AS, selain tampan dan membuat wanita-wanita dizamannya sangat tertarik kepadanya, termasuk istri majikannya yang seorang penguasa Mesir, akibat ketampanannya, Nabi Yusuf AS dipenjara.  Kisah lainnya adalah kisah kemampuannya menafsir mimpi. Selain itu adalah kecerdasannya mengatasi krisis ekonomi saat itu. Kisah Nabi Yusuf ini ada di taurat, Injil dan juga Alquran.

Alkisah Firaun penguasa Mesir bermimpi tentang 7 ekor sapi yang gemuk-gemuk dan 7 sapi yang kurus-kurus. Lalu 7 ekor sapi yang gemuk-gemuk dimakan oleh 7 sapi yang kurus-kurus. Setelah terbangun, Firaun menganggap bahwa mimpinya adalah hanya bunga tidur saja. Malam berikutnya Firaun kembali bermimpi, kali ini bermimpi mengenai 7 tanaman gandum yang gemuk-gemuk dan 7 tanaman gandum yang kurus-kurus, namun 7 gandum yang kurus-kurus terbang tertiup angin dan memakan 7 tanaman gandum yang gemuk-gemuk.

Setelah terbangun, hari Firaun menjadi gundah. Akhirnya menceritakan kepada menteri-menteri mengenai mimpinya di 2 malam berturut-turut. Dan pembicaraan didengar oleh seorang pelayan istana yang dulu pernah ditolong oleh Nabi Yusuf AS dengan menafsirkan mimpinya. Pelayan istana memberitahukan ke Firaun mengenai Nabi Yusuf yang bisa menafsirkan mimpi dan tafsir mimpinya tepat. Firaun tertarik mendengar cerita  pelayan istana itu.

Singkat cerita Nabi Yusuf AS menafsirkan mimpi Firaun, Nabi Yusuf AS menafsirkan mimpinya bahwa selama 7 tahun Negara akan mendapatkan rejeki dengan hasil panen yang melimpah, kemudian akan diikuti dengan 7 tahun panen yang sedikit atau paceklik. Firaun menghargai tafsir mimpi Nabi Yusuf AS, lalu sang nabi meminta Firaun membersihkan namanya yang tercemar karena difitnah sehingga dia terpenjara. Akhirnya Firaun membebaskan Nabi Yusuf AS dan membersihkan nama baiknya setelah mengetahui cerita sebenarnya yang terjadi terhadap Nabi Yusuf AS dan Firaun menghargai kejujuran Nabi Yusuf AS. Firaun memberikan kepercayaan kepada Nabi Yusuf AS dengan mengangkatnya sebagai Bendahara atau menteri ekonomi Mesir untuk mengurus dan mencegah krisis Ekonomi.

Nabi Yusuf AS membangun banyak gudang penyimpan (Lumbung) gandum dan hasil pertanian lainnya, membuat kincir air dan mengatur irigasi diseluruh Mesir. Sehingga datang 7 tahun paceklik dan melanda sejumlah negara. Krisis ekonomi tidak terhindar dinegeri-negeri tetangga yang tidak siap, yang akhirnya negara-negara tetangga meminta bantuan dengan Mesir yang sudah siap menghadapi krisis sejak awal.

Jakarta, 8 September 2013.

Fadly Rahman

September 19, 2013 - Posted by | Surat Pembaca dan Artikel

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: