Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

PERJALANAN KE GORONTALO

MILAD PESANTREN HUBULO KE 25 TAHUN

Jam 3:15 Wib berangkat (06/09/2012) ke bandara Soekarno Hatta. Rasa kantuk masih terasa. Namum sedikit hilang setelah bertemu dengan teman-teman dari Serika Pekerja Panasonic GOBEL (SPPG). Keberangkatan kali ini menuju Gorontalo untuk ikut serta acara memperingati Pesanteren Hubulo, pesantren yang didirikan oleh keluarga Thayeb Muhammad Gobel. Gagasan yang semula  dicetuskan oleh pak Thayeb Muhammad Gobel, namun sebelum ide tersebut terlaksana, beliau bepulang ke Rahmatullah, dan sempat menyampaikan wasiatnya kepada putra putri beliau.

Putra-putri Almarhum Thayeb Muhammad Gobel melaksanakan wasiat tersebut dan berdiri pada 12 September 1987. Adapun pemberian nama “Hubulo” selain diambil dari nama seorang Raja/Aulia yang pernah berkuasa di Gorontalo. Kata Hubulo juga  diambil dari bahasa Arab yaitu: Hubbulloh  yang berarti : Cinta Allah/Kekasih Allah.

Berangkat dari Bandara Soekarno Hatta jam 05:00 WIB pagi, tiba di Bandara Udara Jalaluddin Gorontalo jam 10:00 pagi WIT dan sebelumnya transit di bandara Sultan Hasanuddin Makassar terlebih dahulu. Tiba di Gorontalo langsung menuju kediaman pak Jimmy, diundang makan siang oleh presiden komisaris PT GDKM tersebut. Kebiasaan masyarakat Gorontalo mengundang makan para tamu mereka sangat kami rasakan. Hampir setiap hari selama di Gorontalo undangan makan siang maupun malam selalu ada sehingga tidak ada alasan untuk lapar.

Kegiatan SPPG bersama anak-anak pesantren Hubulo mengadakan training mengenai Lubang Resapan Biopori

Pada keesokan harinya (jumat, 07/09/2012) mengikuti kegiatan SPPG bersama anak-anak pesantren Hubulo mengadakan training mengenai Lubang Resapan Biopori. Lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah.

Setelah selesai mengikuti kegiatan training Biopori, menyempatkan diri berziarah ke makam almarhum bapak Thayeb Muhammad Gobel pendiri perusahan Kelompok Usaha GOBEL. Letak makam terdapat diatas bukit kecil yang merupakan makam keluarga Gobel.

Acara puncak Milad Pesantren Hubulo ke 25 yang diadakan di Pondok Pesantren Hubulo Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango ini selain di hadiri Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim  bersama jajarannya, juga turut di hadiri ketua dewan pembina pesantren hubulo Abdulah Gobel, ketua penasehat pesantren Aminullah, Habib Djafar Bin Assegaf, Hadad Alwi serta Bupati Bone Bolango dan Bupati Gorontalo Utara.

Acara puncak Milad Pesantren Hubulo ke 25 yang diadakan di Pondok Pesantren Hubulo Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim pada kesempatan ini di hadapan ribuan santri dan pengurus yayasan pondok pesantren hubulo menegaskan, diusianya yang  ke dua  puluh lima ini keberadaan pondok pesantren yang sudah cukup di kenal luas oleh  masyarakat gorontalo ini diharapkan untuk terus melakukan evaluasi dan meningkatkan mutu dan  kualitasnya di berbagai bidang, agar kader – kader yang berkualitas, relijius, kreatif, inovatif serta handal di bidangnya masing – masing.

Fadly Rahman

Jakarta, 24 September 2012

Sumber :

  1. http://www.pesantrenhubulo.com/serbaserbi/selayang-pandang-tentang-pondok-pesantren-hubulo/
  2. http://mediagorontalo.com/detail.php?buka=read&id=223&aksi=kategori&idkat=24
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Biopori

September 26, 2012 - Posted by | Sejarah dan Arkeologis

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: