Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

MENUNTUT SISTEM JAMINAN SOSIAL NASIONAL

MENUNTUT SISTEM JAMINAN SOSIAL NASIONAL

Ada banyak isu yang disuarakan Buruh saat berunjuk rasa pada May Day tahun ini (01 Mei 2010), mendesak pemerintah untuk menunda pemberlakuaan China Asean Free Trade Area (CFTA) yang membuat industri kecil dan tradisional Indonesia yang tidak siap mengalami kebangkrutan dan mengakibatkan pemutusan hubungan kerja (PHK). Selain itu penghapusan sistem kontrak kerja (Out Sourcing), pemenuhan upah yang layak,  juga yang tidak kalah pentingnya menuntut berlakunya sistem jaminan sosial nasional (SJSN).

Pemerintah hanya terpaku dengan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Itu pun tidak dilakukan secara maksimal. Jamkesmas yang ditujukan untuk rakyat miskin tapi kenyataannya tidak semua rakyat miskin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Pemerintah susah seharusnya menambah pelayanan dan memperluas kepersetaan Jamkesmas kepada seluruh rakyat Indonesia sehingga menjadi SJSN tahap kesehatan.

Seminar dan Diskusi Sistem Jaminan Sosial Nasional

Saat ini, pemerintah baru melaksanakan SJSN kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan TNI/Polri. Pemerintah membayar premi mereka lewat APBN. Kalangan Buruh mendesak pemerintah agar adil agar para buruh dan masyarakat miskin juga diperlakukan yang sama.

Pada 01 Mei 2010, para buruh memfokuskan aksi massanya di Jakarta dan kota-kota besar diseluruh Indonesia. Buruh yang berunjuk rasa berasal dari berbagai organisasi seperti Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPMI) dan serikat buruh lainnya. Mereka berasal dari JaBoDeTaBek dan dari berbagai daerah lainnya di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Fadly Rahman

Jakarta, 02 Mei 2010

Mei 3, 2010 - Posted by | Surat Pembaca dan Artikel

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: