Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

WORKSHOP TENTANG AMANDEMEN UU JAMSOSTEK DAN RUU BPJS

WORKSHOP TENTANG AMANDEMEN UU JAMSOSTEK DAN RUU BPJS

Workshop dan seminar tentang amandemen Undang Undang (UU) Jamsostek dan Rancangan Undang-Undang BPJS yang dilaksanakan di Gedung YTKI Gatot Subroto pada kamis 25 Maret 2010 pukul 09.00 WIB sd. 13.00 WIB. Hadir perwakilan dari serikat pekerja dan serikat buruh wilayah Jabodetabek. Moderator ini seminar ini adalah Bung Vonny Diananto, tampil sebagai pembicara Bung Ali Akbar (KSPI), Bung Timbul (OPSI) dan Bung Iqbal (KSPMI).

Perjuangan pertama Serikat Pekerja dan Serikat Buruh seluruh dunia selain kebijakan upah adalah perjuangan jaminan sosial. Belum dilaksanakannya UU no. 40 tahun 2004 yang telah disyahkan pada zaman pemerintahan Megawati Soekarno Putri, saat ini belum dilaksanakan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Harapan semua rakyat khususnya buruh, UU ini dapat dilaksanakan segera. Jaminan sosial yang berupa Asuransi Kesehatan berguna bagi para pensiun dan keluarganya. Walau pekerja sudah di putus hubungan kerja (PHK) tetapi jaminan kesehatan tetap jalan seumur hidup.

Pembatalan kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia seharusnya dapat menjadi pelajaran bagi pemerintahan sekarang. Alasan pembatalan tersebut dimaksudkan untuk mengawal RUU kesehatan Amerika Serikat (AS) yang dalam pemungutan suara, akhirnya dimenangkan Partai Demokrat yang merupakan partainya Presiden Obama dan RUU kesehatan tersebut dapat disyahkan. Berbanding terbalik dengan di Indonesia. UU jaminan sosial yang telah disyahkan tapi tidak dilaksanakan.

Apapun sistem pemerintahan yang dianut sebuah Negara baik itu komunisme, marxisme, kapitalisme, liberalisme, Islam dan sebagainya, Pemerintah wajib menjamin kesejahteraan Rakyat.

Pada tanggal 5 april 2010, akan dibahas RUU BPJS di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan UU Revisi Jamsostek dan akan menetapkan, harus tunduk terhadap UU No. 40 tahun 2004.

Selogan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh untuk UU Jaminan Sosial dan kesehatan :

  1. Jaminan Kesehatan seumur hidup bagi seluruh rakyat Indonesia dan pekerja atau buruh walau telah di PHK,
  2. Jaminan Pensiun untuk pekerja Formal maupun Informal,
  3. Badan Hukum harus Wali Amanat (standar Internasional yang tidak membayar deviden atau tidak berbentuk PT).

Fadly Rahman

Jakarta, 25 Maret 2010

Maret 25, 2010 - Posted by | Surat Pembaca dan Artikel

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: