Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

100 TAHUN SUTAN SYAHRIR

100 TAHUN SUTAN SYAHRIR

Hari jum,at tepatnya tanggal 05 Februari 2010, diadakan peringatan mengenang 100 tahun syarir serta diadakan juga peluncuran buku Sutan Syahrir, Demokrat Sejati, Pejuang Kemanusian, 1909-1966 yang ditulis oleh H.Rosihan Anwar dan Ignas Kleden berisikan sejarah dan perjalanan hidup sutan Syahrir dan lahir sampai dengan kematiannya. Buku yang lain adalah Mengenang syahrir yang dieditori juga H.Rosihan Anwar (Rosihan), didalamnya terdapat tulisan-tulisan dan pendapat-pendapat mengenai Sutan Syahrir dari sahabat-sahabat seperjuangannya.

Peluncuran 2 Buku Mengenang Sutan Syahrir

Peringatan ini dihadiri kedua anak Sutan Syahrir, Kriya Arsyah (buyung) dan Siti Rabyah Parvati (upik). Dibuka oleh Yacob Oetama, CEO Kompas dan Gramedia Group yang menerbitkan kedua buku tersebut. Hadir pula para tokoh-tokoh nasional dari berbagai kalangan, Des Alwi, Taufik Abdullah, Taufik Ismail, Andrianof Chaniago, Fadjroel Rahman, pengusaha nasional Sofyan Wanandi, mantan ketua Mahkamah Konstitusi Jimmy A dan lain-lain.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari Yacob Oetama kepada kedua anak Sutan Syarir tersebut. Penyerahan juga diberikan kepada 10 orang yang hadir mewakili masyarakat Indonesia yang diserahkan oleh keluarga Sutan Syahrir.

Rosihan Anwar

Sambutan diberikan Kriya Arysyah dari keluarga dan juga orasi B Herry Priyono dosen Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara. Acara juga diwarnai gelak tawa saat Rosihan menyampaikan orasi mengenai latar belakang buku yang ditulisnya. Rosihan menyatakan bahwa buku ini seharusnya ditulis oleh seorang Sejarahwan  yakni Prof. Taufik Abdullah, bukan oleh dirinya yang hanya Sejarahwan Informal atau kaki lima. Orasi terakhir dilakukan Ignas Kleden yang memberikan kata pengantar dalam buku Sutan Syahrir, Demokrat Sejati, Pejuang Kemanusian 1909-1966.

SUTAN SYAHRIR

Sutan Syahrir lahir tanggal 5 Maret 1909 di Padangpanjang Minangkabau, yang berayah M Rasad Maharaja Sutan dan beribu Siti Rabiah. Sutan Syahrir adalah adik dari Rohana Kudus seorang aktivis pejuang perempuan Minangkabau dan juga paman dari Chairil Anwar yang seorang sastrawan. Pendidikan Europese Lagare School dan MULO di medan, Deli. Pada tahun 1926, Sutan Syarir melanjutkan pendidikan ke Bandung di Algemeene Middlebare School (AMS).

Karir politiknya dimulai saat mendirikan organisasi Jong Indonesie. Pengalamannya bertambah sejak menjadi ketua sentral Persatuan Buruh Indonesia dan memimpin Partai Nasional Indonesia. Seperti tokoh-tokoh lainnya, kegiatan politik Sutan Syarir membawa dirinya kepenjara dan juga diasingkan ketempat terpencil yang jauh dari kegiatan poltiknya.

Menjelang kemerdekaan Indonesia, Sutan Syarir tidak setuju untuk bekerjasama dengan Jepang. Kebijakan politiknya sepaham dengan Tan Malaka saat itu, walau akhirnya kesepaham politik tidak berlaku pasca Kemerdekaan Republik Indonesia.  Sutan Syarir diangkat sebagai Ketua Badan Pekerja KNIP. Pada tanggal 14 November 1945, diangkat sebagai Perdana Menteri Pertama Republik Indonesia. Pertentangan politik dengan Presiden Sukarno mengakibatkan dicopotnya posisi Perdana Menteri Sutan Syarir walau kemudian diangkat kembali menjadi Perdana Mentri.

Setelah tidak lagi menjadi sebagai Perdana Menteri dan keluar dari Partai PNI, Sutan Syarir mendirikan partai baru yang diberi nama Partai Sosialis Indonesia (PSI).  Beberapa tahun kemudian PSI dan Sutan Syarir di tuduh sebagai dalang pemberotakan PRRI. Lalu ditahan sampai meninggal dunia di Swiss tahun 1966.

Fadly Rahman

Jakarta, 07 Maret 2010

Maret 9, 2010 - Posted by | Sejarah dan Arkeologis

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: