Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

HARGA DAN IKLAN YANG TEPAT MEMBUAT SEMUA SENANG

HARGA DAN IKLAN YANG TEPAT MEMBUAT SEMUA SENANG

“Hanya 9 jutaan” begitu kata Mandra yang merupakan bintang iklan sepeda motor Honda, iklan tersebut begitu sukses sehingga mendongkrak peningkatan penjualan sepeda motor bebek Honda yang bertitle Legenda. Iklan berhasil membuat pangsa pasar sepeda motor bebek buatan Cina “Mochin” menurun padahal sebelumnya gaung sepeda motor mochin menggema seantero Indonesia hingga membuat pelaku bisnis sepeda motor buatan jepang berpikir untuk mengcounter serbuan mochin tersebut.

Strategi yang digunakan Honda diungkapkan juga oleh Philip Kotler dan Gary Amstrong[1] “sebuah perusahaan menggunakan harga untuk mencapai tujuan yang lebih khusus. Perusahaan tersebut dapat menetapkan harga yang rendah untuk menjaga agar pesaing tidak mampu memasuki pasar atau dapat juga menetapkan harga setingkat dengan pesaing untuk menstabilisasi pasar.”

Untuk menarik kembali konsumen yang hilang tidaklah gampang, akan terjadi konflik tersendiri didalam perusahaan. Jika konsumen menginginkan barang yang murah dan bermutu mau tidak mau perusahaan harus berusaha keras bagaimana mewujudkannya. Apa yang dilakukan Honda, dapat diikuti oleh Panasonic yang telah mempunyai nama bagus dipasar dan juga mempunyai kualitas yang diakui oleh konsumen memberikan harga yang murah tanpa mencemarkan citra merk.

Iklan juga penting untuk meningkat penjualan, Apa yang telah dilakukan Panasonic dalam iklan pompa GP-125JBE dengan bintang iklan yang dibintangi oleh Komeng, terjadi peningkatan yang signifikan terhadap penjualan pompa air jenis tersebut, sehingga pompa tersebut selalu disebut dengan sebutan pompanya sikomeng, Bintang iklan yang tepat dapat juga mempengaruhi penyampaian kabar produk kepada konsumen, membuat mereka mengingat produk yang diiklankan

Dapat digaris bawahi bahwa tujuan dari iklan tersebut adalah untuk merangsang pembelian oleh kosumen atau menuntun calon pembeli agar mengetahui produk yang dihasilkan dan mengerti, memahami, tertarik, menyukai sehingga akhirnya membeli dan diharapkan akan selalu mengingat produk tersebut dalam pikirannya. Dengan menggunakan iklan kita dapat menciptakan kesadaran akan adanya produk. Kadang-kadang memberikan pengetahuan tersendiri tentang produk dan menjabarkan fakta-fakta keunggulan yang dimiliki produk tersebut.

Alangkah ruginya perusahaan tidak mengiklankan produk yang mempunyai keunggulan teknologi terbaru dan kualitas yang bagus sehingga membuat kehilangan kesempatan yang ada. Meminjam Istilah Philip Kotler “Makin baik produk, makin sedikit dana yang harus dihabiskan untuk iklan. Makin kuat kesetiaan konsumen Anda, makin sedikit pula yang harus Anda habiskan untuk iklan”.

JAKARTA,  29 DESEMBER 2005

FADLY RAHMAN


[1] Kotler. Philip and Amstrong. Gary, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Penerbit Erlangga, 2001

Desember 8, 2009 - Posted by | Surat Pembaca dan Artikel

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: