Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

PERADABAN MELAYU KUNO (KOMPLEK CANDI MUARO JAMBI)

PERADABAN MELAYU KUNO

KOMPLEK CANDI MUARO JAMBI

Komplek candi Muaro Jambi terletak di tepi sungai Batanghari kurang lebih 22 kilometer arah timur kota Jambi. Berada di wilayah Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Komplek candi Muaro Jambi merupakan komplek candi terluas di Asia Tenggara. Dua puluh kali lebih luas dari komplek Candi Borobudur di Jawa Tengah dan dua kali lebih luas dari komplek Candi Angkor Wat di Kamboja. Komplek ini mempunyai luas 12 kilometer persegi (sekitar 2.062).

Salah Satu Candi Muaro Jambi

Pada tahun 1954, situs-situs ahli-ahli purbakala Indonesia dibawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dipimpin oleh R. Soekomo menyimpulkan ada hubungan situs ini dan kerajaan Sriwijaya. Dan banyak yang meyakini bahwa komplek candi Muaro Jambi merupakan ibukota kerajaan Sriwijaya atau Melayu Kuno masa lalu. Awal tahun 2010, ada terdapat  11 candi yang telah dipugar dan masih 82 candi yang masih terkubur di dalam tanah yang disebut Menapo oleh masyarakat sekitar candi.

Telah ditemukan juga keramik-keramik yang sebagian besar berasal dari cina Abad IX hingga XIV. Dalam jumlah lebih sedikit ditemukan pula keramik-keramik asal Asia Tenggara seperti Thailand, Khmer (Kamboja), dan Myanmar (Burma) yang terbuat dari porselen atau bahan batuan. Keramik-keramik Asia Tenggara berusia lebih muda sekitar abad XIII dan setelahnya.

Selain keramik ditemukan juga sejumlah kecil manik-manik kaca dan batu. Juga ditemukan mata uang emas, cincin emas dan potongan-potongan perhiasan emas. Termasuk artefak yang ditemukan di Situs Muaro Jambi. Benda-benda logam emas ini berbentuk lempengan-lempengan tipis. Dan hanya sedikit benda perunggu yang ditemukan disitus Muaro Jambi.

Letak bangunan-bangunan purbakala di Muaro Jambi yang berdekatan dan penemuan banyaknya benda-benda kuno lainnya, meyakinkan para ahli-ahli purbakala menghubungkan Situs Muaro Jambi dengan kerajaan Melayu Kuno (Sriwijaya). Keyakinan itu sangat beralasan bahwa tidak ada situs lain yang memiliki kepadatan purbakala selain komplek Candi Muaro Jambi.

Fadly Rahman

Jakarta, 02 Februari 2010

Sumber :

  1. Kompas, Candi Muaro Jambi, Desa Wisata Pelengkap Warisan Budaya, Nusantara, Sabtu, 16 Januari 2010, Hal 24
  2. Kompas, Pusara Keabadian ”Menopo” Muaro Jambi, Tanah Air, Sabtu, 16 Januari 2010, Hal 1, 11
  3. Perhimpunan Pelestarian Muara Jambi, Titik Temu Jejak Peradaban di Tepi Batang Hari, Pameran Foto, Artefak, film Dokumenter dan diskusi situs Muara Jambi, Bentara Budaya, Jakarta 9-11 November 2006

Februari 3, 2010 - Posted by | Sejarah dan Arkeologis

3 Komentar »

  1. Ass.Wr.Wb. Bang Fadly,

    Saya terkesan benar dengan informasi yang telah abang paparkan. Memang Muaro Jambi berpotensial untuk menjadi salah satu kekuatan bangsa Indonesia supaya lebih dikenal di Internasional. Program World Heritage UNESCO nampaknya perlu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah setempat. Bila ingin income Jambi naik dari pariwisata, maka perbaikilah kompleks percandian raksasa ini.

    Untuk Bang Fadly, bolehkah sekiranya saya berguru pada abang mengenai dunia tulis menulis ini?

    BR,

    Aldi

    Komentar oleh Afrinaldi | Maret 8, 2010 | Balas

  2. Larger than Borobudur and Angkor? I’m shocked. Thanks for the info, truly something new to me. Why is it the government is not promoting this site as a tourism product. It is not known among the international community right now.

    Komentar oleh MrRio | Agustus 29, 2010 | Balas

  3. Amazing. kalau bisa tampilkan foto2 dari peninggalan2 purbakala di sana. Sriwijaya adalah sebuah konfederasi Melayu Sumatera yang selama ribuan tahun menguasai selat Malaka sampai laut Jawa.

    Kerajaan ini mulai memudar sejak di serang oleh kekuatan Hindu (India + Jawa) di abad ke 12.

    Komentar oleh adolfoams | Maret 26, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: