Fadlyrahman’s Weblog

Just another WordPress.com weblog

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI KARYAWAN KELOMPOK GOBEL

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN KOPERASI KARYAWAN KELOMPOK GOBEL

Photo bersama peserta RAT 2008

Dengan tema semangat kebersamaan memperkuat pengembangan usaha koperasi, rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2008 koperasi karyawan (Kopkar) kelompok Gobel yang dilaksanakan pada tanggal 25 April 2009 di Auditorium Yayasan Matsushita Gobel (YMG). Dengan dihadiri anggota Kopkar sebanyak 89 orang dari 109 anggota yang diundang, RAT dimulai dengan pembacaan 7 prinsip perusahaan. Kemudian dilanjutkan dengan pidato sambutan ketua Kopkar bapak H. Djoko Sulomo. RAT Kopkar kelompok Gobel dibuka secara resmi oleh ketua Dekopinda Jakarta Timur Letkol ADM H. A Fhatoni SE.MM yang sebelum memukul gong pembukaan RAT menceritakan pengalaman dan keberhasilannya memajukan koperasi dan memberikan beberapa nasehat dan saran untuk perkembangan Kopkar kelompok Gobel dimasa yang akan datang.
Kemudian Rapat dilanjutkan dengan memilih pimpinan sidang pleno dan yang terpilih sebagai ketua sidang adalah pak Arifin Tanjung dan Pupun sebagai sekretaris. Setelah pengesahan tata tertib Sidang dibacakan, rapat dilanjutkan dengan laporan pertanggung jawaban pengurus Kopkar tahun buku 2008. Laporan pertanggung jawaban ini diisi dengan Laporan bidang keuangan yang disampaikan oleh Bapak H. Marsiton Achmad. Laporan keuangan ini diterima dengan baik oleh anggota yang hadir tanpa ada banyak pertanyaan. Acara ini ditutup dengan laporan pertanggung jawaban pengawas Koperasi oleh Ibu Dra. Hj. Herni Nawir.
Ada beberapa hal yang disorot dalam RAT kali ini, diantaranya adalah Regenerasi pengurus Kopkar kelompok Gobel, perampingan pengurus baru Kopkar yang akan datang dan penurunan jumlah anggota Kopkar yang di tahun 2007 berjumlah 5.454 menjadi 3.733 ditahun 2008. Untuk meningkatkan kinerja Kopkar, saran-saran tidak hanya datang dari pak Fhatoni, datang juga dari bapak Heru Santosa yang memberikan pembekalan manajemen. Pengarahan juga diberikan oleh bapak Drs. H. Thamrin Mosii sebagai anggota dewa pembina dan penasehat Kopkar. Nasehat-nasehat yang diberikan ketiga tokoh ini hampir sama yakni Kopkar harus lebih berani berinovasi dalam mengembangkan bisnisnya, tidak hanya ”menunggu bola” menunggu para karyawan berbelanja dan menambungkan dananya di Kopkar tapi harus ”menjemput Bola” dengan mencari peluang bisnis baru baik itu didalam lingkungan perusahaan Kelompok Gobel maupun diluar lingkungan. Usulan-usulan tersebut menjadi bahasan di sidang komisi-komisi dan dituangkan dalam laporan hasil sidang dimasing-masing komisi.
Pelantikan pengurus baru periode tahun 2009 ~ 2012 diumumkan setelah diadakan sidang formatur pemilihan anggota pengurus dan pengawas koperasi. Tidak banyak berubah dari hasil sidang ini. Pengurus lama dipertahankan dan anggota pengawas koperasi bertambah 4 orang sehingga hal yang disorot dan berkembang mengenai perampingan dan kaderisasi pengurus belum bisa dilaksanakan pada periode ini.

Fadly Rahman
PT, PGI
Jakarta, 26 April 2009

About these ads

Mei 6, 2009 - Posted by | Surat Pembaca dan Artikel

3 Komentar »

  1. sasa sebagai salah satu pengurus Koperasi sangat terkesan dengan adanya email seperti ini karena sangat membantu masyarakat untuk dapat mengenal lebih jauh tentang system menagemen Koperasi dan fungsi lainnya. tapi alangkah baiknya kalau semua yang ditampilkan jangan hanya garis besarnya saja namun lebih detail agar pengetaahuan masyarakat juga gak kabur3. tanks

    Komentar oleh Basmat. L | Juni 14, 2011 | Balas

  2. apakah mantan karyawan panasonic anggota gobel dapat tabungan

    Komentar oleh maryoto | Desember 6, 2011 | Balas

  3. Sedikit info untuk rekan-rekan pengurus dan pengelola koperasi di seluruh Indonesia…
    Perhitungan SHU per anggota secara instan bisa menggunakan Software Armadillo Accounting Simpan Pinjam untuk Koperasi.
    Tidak perlu lembur lagi setiap akan RAT…
    Klik artikel berikut http://armadilloaccounting.com/blog/2010/09/mekanisme-pembagian-shu-armadillo-simpan-pinjam
    Semoga bermanfaat…

    Komentar oleh hendra | Januari 6, 2012 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: